Contoh Proposal Kegiatan OSIS: Panduan Membuat dan Menyusun dengan Baik

Proposal kegiatan OSIS merupakan salah satu aspek penting dalam kegiatan sekolah. Selain memberikan gambaran tentang kegiatan yang akan dilakukan, proposal juga memuat rencana anggaran dan manfaat yang akan didapat oleh siswa dan sekolah.

Tujuan dari proposal kegiatan OSIS adalah untuk mendapatkan persetujuan dari pihak sekolah dan pihak sponsor untuk mendanai kegiatan tersebut. Oleh karena itu, pembuatan proposal yang baik dan efektif sangat penting untuk menjamin keberhasilan kegiatan OSIS.

Langkah-langkah Membuat Proposal Kegiatan OSIS yang Efektif

Proposal kegiatan OSIS adalah salah satu alat yang dapat digunakan untuk merencanakan dan mempersiapkan sebuah acara di sekolah. Agar proposal tersebut dapat diterima dan disetujui oleh pihak sekolah, maka dibutuhkan cara penyusunan yang baik dan benar. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat proposal kegiatan OSIS yang efektif:

  1. Tentukan tema kegiatan. Pilih tema kegiatan yang relevan dengan kebutuhan siswa dan sesuai dengan visi dan misi sekolah.
  2. Tentukan target audiens. Siapa yang menjadi audiens dari kegiatan tersebut? Apakah siswa, guru, atau masyarakat luas? Tentukan target audiens untuk menyesuaikan konsep acara dan metode penyampaian informasi.
  3. Merencanakan anggaran. Tentukan estimasi biaya yang dibutuhkan untuk kegiatan tersebut, mulai dari biaya operasional, pembelian perlengkapan, hingga honorarium bagi nara sumber atau panitia acara.
  4. Menentukan jadwal pelaksanaan. Tentukan waktu yang tepat untuk mengadakan kegiatan tersebut, sehingga tidak bertabrakan dengan jadwal lain.
  5. Membuat proposal tertulis. Buat proposal kegiatan OSIS secara tertulis dengan mengikuti format yang baik dan benar. Jangan lupa untuk mencantumkan tujuan kegiatan, konsep acara, agenda kegiatan, biaya yang dibutuhkan, serta jadwal pelaksanaan.
  6. Presentasikan proposal. Setelah proposal tertulis jadi, presentasikan proposal tersebut kepada pihak sekolah atau pimpinan atau bagian keuangan untuk mendapatkan persetujuan dan dukungan.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, diharapkan proposal kegiatan OSIS yang disusun dapat efektif dan efisien dalam menyampaikan tujuan kegiatan dan dapat memperoleh dukungan dari seluruh pihak. Semoga bermanfaat!

Contoh Proposal Kegiatan OSIS untuk Penggalangan Dana

Berikut ini adalah contoh proposal kegiatan OSIS yang bertujuan untuk penggalangan dana dalam rangka kegiatan sekolah:

Nama KegiatanPasar Murah Sekolah
Tanggal10-12 Oktober 2021
Target AudiensSiswa Sekolah dan Masyarakat Sekitarnya
TemaMenjaga Harga Tetap Terjangkau

Adapun kendala yang mungkin muncul dalam pelaksanaan kegiatan penggalangan dana ini adalah rendahnya partisipasi siswa dan masyarakat sekitar. Oleh karena itu, beberapa strategi yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut adalah:

  • Mengadakan iklan di media sosial dan poster yang tersebar di sekitar sekolah.
  • Menyediakan penginapan gratis bagi warga yang berasal dari luar kota yang ingin membeli barang barang yang dijual di pasar murah.
  • Memberikan diskon khusus bagi siswa dan masyarakat sekitar yang membeli barang di pasar murah.

Diharapkan dengan adanya pasar murah ini, siswa dan masyarakat sekitar dapat membeli kebutuhan mereka dengan harga yang lebih terjangkau. Demikianlah proposal kegiatan OSIS untuk penggalangan dana ini, kami sampaikan, terima kasih.

Contoh Proposal Kegiatan OSIS dalam Rangka Pesta Prom

OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) adalah organisasi yang berfungsi sebagai wakil dari seluruh siswa dalam sekolah. Salah satu tugas OSIS adalah mengadakan kegiatan yang dapat meningkatkan kreativitas siswa dan menjalin kebersamaan di antara mereka. Pesta prom menjadi salah satu kegiatan yang ditunggu-tunggu oleh para siswa di akhir tahun ajaran sebagai momen untuk berdandan cantik dan ganteng serta menikmati malam yang menarik.

Berikut adalah contoh proposal kegiatan OSIS dalam rangka pesta prom:

Nama KegiatanPesta Prom
Tanggal23 Mei 2022
Waktu19.00-23.00 WIB
TempatGedung Serbaguna Sekolah
TemaUnder the Sea
BudgetRp. 15.000.000,-

Detail kegiatan:

  1. Pembukaan acara oleh ketua OSIS dan sambutan dari kepala sekolah.
  2. Penampilan dari siswa-siswi yang menjadi nominasi prom queen dan prom king.
  3. Diskusi bersama tentang kenangan di sekolah bersama siswa-siswi kelas terakhir.
  4. Pemberian hadiah kepada para siswa yang meraih juara dalam lomba yang diselenggarakan pada malam pesta prom.
  5. Pesta dansa yang dimeriahkan oleh musik dari DJ profesional.

Untuk mendukung kelancaran acara, kami akan melakukan persiapan sejak satu bulan sebelum acara, termasuk:

  1. Persiapan dekorasi yang mencakup hiasan bunga, balon, dan backdrop dengan tema Under the Sea.
  2. Penentuan staf yang bertanggung jawab untuk mengatur tiket masuk, menyiapkan makanan dan minuman, serta pengawasan dan keamanan selama acara.
  3. Penyewaan sound system dan pemberian tugas kepada siswa yang menjadi MC dan pengisi acara.
  4. Pengadaan hadiah untuk para pemenang lomba.

Demikian proposal kegiatan OSIS dalam rangka pesta prom yang kami susun dengan sebaik-baiknya. Adapun untuk pembiayaan, kami akan mencari sponsor dan melakukan penggalangan dana dari siswa dan guru. Kami berharap dukungan dari semua pihak agar acara ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Contoh Proposal Kegiatan OSIS dalam Rangka Lomba Seni dan Budaya

OSIS merupakan salah satu organisasi di sekolah yang memiliki peran penting dalam mengadakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi siswa-siswi. Salah satu kegiatan yang dapat diadakan oleh OSIS adalah Lomba Seni dan Budaya. Lomba ini bertujuan untuk mengembangkan minat dan bakat siswa dalam bidang seni dan budaya, serta menumbuhkan rasa kebersamaan di antara siswa.

Berikut adalah contoh proposal kegiatan OSIS dalam rangka Lomba Seni dan Budaya:

“Lomba Seni dan Budaya: Mengembangkan Kreativitas Siswa untuk Meningkatkan Rasa Kebersamaan”

Kepada Yth, Bapak/Ibu Guru dan Siswa-Siswi SMA Negeri 1

Dengan hormat,

Kami dari Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMA Negeri 1 dengan ini mengajukan proposal kegiatan Lomba Seni dan Budaya yang akan diadakan pada tanggal 27-28 Februari 2022 di ruang serbaguna SMA Negeri 1. Lomba ini bertujuan untuk mengembangkan minat dan bakat siswa dalam bidang seni dan budaya, serta menumbuhkan rasa kebersamaan di antara siswa. Lomba ini terbuka untuk siswa-siswa SMA Negeri 1 dan SMA swasta se-Jakarta.

Adapun jenis lomba yang akan diadakan, antara lain:

  • Lomba Tari Tradisional
  • Lomba Musikal
  • Lomba Puisi
  • Lomba Lukis dan Foto
  • Lomba Fashion Show

Kami berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan dapat diikuti oleh seluruh siswa-siswi SMA Negeri 1 dan SMA swasta se-Jakarta. Kami juga berharap dukungan serta partisipasi dari Bapak/Ibu Guru dan seluruh siswa-siswi untuk turut serta dalam kegiatan ini.

Sekian proposal ini kami ajukan, atas perhatian dan dukungan Bapak/Ibu Guru dan siswa-siswi kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Organisasi Siswa Intra Sekolah

SMA Negeri 1

Dalam pelaksanaan Lomba Seni dan Budaya, kami akan menyiapkan juri yang kompeten dalam bidang seni dan budaya. Selain itu, hadiah menarik juga akan diberikan untuk para pemenang. Kami akan mengadakan rapat persiapan dengan seluruh panitia lomba pada tanggal 1 Februari 2022 untuk merencanakan kegiatan dan menyiapkan anggaran yang tepat.

Kami percaya bahwa dengan adanya kegiatan Lomba Seni dan Budaya ini, siswa-siswi SMA Negeri 1 dan SMA swasta se-Jakarta dapat meningkatkan kreativitas dan rasa kebersamaannya. Terima kasih atas perhatian dan dukungannya.

Contoh Proposal Kegiatan OSIS dalam Rangka Penyuluhan Kesehatan

Penyuluhan kesehatan merupakan salah satu kegiatan OSIS yang sangat penting untuk meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya menjaga kesehatan. Dalam penyusunan proposal kegiatan OSIS penyuluhan kesehatan, terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan agar kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik.

    1. Menentukan topik penyuluhan

Langkah pertama dalam menyusun proposal kegiatan OSIS penyuluhan kesehatan adalah menentukan topik penyuluhan yang relevan dan bermanfaat bagi siswa. Beberapa contoh topik yang dapat dipilih antara lain pola makan sehat, olahraga secara teratur, dan tidur yang cukup.

    1. Menyiapkan nara sumber

Setelah menentukan topik penyuluhan, langkah selanjutnya adalah menyiapkan nara sumber yang kompeten dan berpengalaman di bidang kesehatan. Nara sumber ini dapat berasal dari rumah sakit terdekat atau lembaga kesehatan lainnya yang mempunyai tenaga medis yang berkompeten.

    1. Menentukan metode penyampaian

Pada tahap ini, perlu dipertimbangkan metode penyampaian yang tepat agar siswa lebih mudah memahami informasi yang diberikan. Salah satu metode yang dapat diterapkan adalah dengan menggunakan media audio visual, seperti video edukasi atau presentasi PowerPoint.

    1. Menyiapkan anggaran

Sebelum melakukan kegiatan penyuluhan kesehatan, perlu disusun juga anggaran yang sesuai dengan kebutuhan dan jumlah peserta. Anggaran tersebut dapat mencakup biaya transportasi dan honorarium untuk nara sumber yang diundang.

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, maka penyusunan proposal kegiatan OSIS dalam rangka penyuluhan kesehatan dapat dilakukan dengan baik. Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya menjaga kesehatan.

Contoh Proposal Kegiatan OSIS dalam Rangka Pengembangan Lingkungan Sekolah

Bagian penting dari tugas OSIS adalah untuk memperbaiki dan menjaga kebersihan lingkungan sekolah agar memberikan suasana yang nyaman untuk siswa dan guru. Oleh karena itu, OSIS dapat mengajukan proposal kegiatan untuk pengembangan lingkungan yang berfokus pada pemeliharaan dan perbaikan lingkungan sekolah.

Berikut adalah beberapa gagasan dan langkah-langkah yang dapat diambil ketika membuat proposal kegiatan OSIS dalam rangka pengembangan lingkungan sekolah:

Menentukan Masalah dan Solusi

Langkah pertama ketika membuat proposal kegiatan OSIS dalam rangka pengembangan lingkungan sekolah adalah dengan menentukan masalah yang ingin diselesaikan. Hal ini bisa meliputi perbaikan fasilitas yang rusak, pengadaan taman atau area hijau baru, dan lain-lain.

Selanjutnya, tentukan solusi dan cara untuk menyelesaikan masalah tersebut. Jika misalnya, ada fasilitas yang rusak yang perlu diperbaiki, maka tentukan bagaimana cara untuk memperbaikinya, seperti anggaran yang dibutuhkan dan sumber daya manusia yang diperlukan.

Menyiapkan Anggaran

Agar kegiatan pengembangan lingkungan sekolah dapat terlaksana dengan baik, pastikan untuk menyiapkan anggaran dengan teliti dan jelas. Anggaran perlu mencakup semua biaya yang diperlukan untuk kegiatan tersebut, seperti biaya bahan, biaya transportasi, dan biaya honorarium bagi staf yang terlibat dalam kegiatan.

Menentukan Waktu Pelaksanaan

Setelah menentukan masalah dan solusi yang akan dilakukan serta menyiapkan anggaran, langkah selanjutnya adalah menentukan jadwal pelaksanaan kegiatan. Pastikan waktu yang ditetapkan tidak bentrok dengan jadwal kegiatan penting lainnya di sekolah.

Melakukan Persiapan

Sebelum melaksanakan kegiatan pengembangan lingkungan sekolah, pastikan melakukan persiapan dengan matang. Hal ini meliputi memilih staf yang tepat untuk tugas yang diberikan, memastikan alat dan bahan yang dibutuhkan tersedia, dan lain-lain.

Melaksanakan Kegiatan

Saat ditetapkan waktu dan semua persiapan telah dilakukan dengan matang, selanjutnya kegiatan pengembangan lingkungan sekolah bisa dilaksanakan dengan lancar. Pastikan semua orang yang terlibat dalam kegiatan sudah siap dan mengetahui tugas masing-masing.

Melakukan Evaluasi

Setelah kegiatan selesai dilaksanakan, lakukan evaluasi untuk mengetahui keberhasilan dan kekurangan dari kegiatan tersebut. Evaluasi juga membantu untuk mengetahui bagaimana kegiatan selanjutnya bisa lebih baik lagi dan lebih efektif.

Membuat proposal kegiatan OSIS dalam rangka pengembangan lingkungan sekolah bukan hanya berbicara tentang halaman kertas dan angka, tetapi juga membawa perubahan untuk lingkungan sekolah yang lebih baik. Berdasarkan panduan di atas, OSIS dapat membuat proposal kegiatan pengembangan lingkungan sekolah yang efektif dan memberikan manfaat yang baik untuk siswa, guru, dan lingkungan sekolah.

Contoh Proposal Kegiatan OSIS dalam Rangka Seminar atau Workshop

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin pesat, maka pengetahuan yang dimiliki siswa pun harus selalu diperbaharui dan ditingkatkan agar dapat bersaing di dunia kerja. Untuk itu, OSIS dapat membantu siswa untuk memperdalam pengetahuan mereka melalui kegiatan seminar atau workshop yang relevan dengan dunia kerja saat ini.

Temuan Masalah

Beberapa masalah yang dapat diangkat dalam seminar atau workshop antara lain adalah kesenjangan antara pengetahuan yang dimiliki siswa dengan kebutuhan dunia kerja, kurangnya keterampilan dalam menghadapi wawancara kerja, dan kurangnya pengetahuan dalam membuat CV yang menarik perhatian perusahaan. Masalah-masalah tersebut dapat diangkat sebagai tema seminar atau workshop yang akan dilaksanakan oleh OSIS.

Metode Pelaksanaan

Untuk mengatasi masalah-masalah di atas, OSIS dapat mengadakan seminar atau workshop dengan mengundang nara sumber yang kompeten di bidangnya. Seminar atau workshop dapat dilakukan online atau offline, tergantung dengan situasi dan kondisi yang ada. OSIS dapat membuat jadwal yang fleksibel agar siswa yang tertarik dapat mengikuti kegiatan tersebut tanpa mengganggu jadwal belajarnya.

Budget dan Sumber Dana

Untuk mengadakan seminar atau workshop, OSIS harus menyiapkan anggaran dan mencari sumber dana. OSIS dapat mengajukan proposal ke pihak sekolah atau mitra kerja untuk meminta bantuan dana. OSIS juga dapat mencari sponsor dari perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang yang relevan dengan tema seminar atau workshop.

Evaluasi Kegiatan

Setelah seminar atau workshop selesai dilaksanakan, OSIS harus melakukan evaluasi untuk mengetahui keberhasilan dan kekurangan dari kegiatan tersebut. Evaluasi dapat dilakukan dengan mengajak peserta kegiatan untuk mengisi feedback form dan mengadakan rapat evaluasi internal untuk membahas hal-hal yang perlu ditingkatkan pada kegiatan selanjutnya.

Dengan mengadakan kegiatan seminar atau workshop yang relevan dan bermanfaat bagi siswa, OSIS dapat membantu siswa untuk memperdalam pengetahuan dan keterampilannya, sehingga mereka siap menghadapi dunia kerja yang semakin kompetitif.

Originally posted 2023-06-23 09:10:54.