Panduan Lengkap Membuat Kalimat Penutup Surat Dinas yang Tepat

Saat menulis surat dinas, salah satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah kalimat penutup. Kalimat penutup surat dinas akan memberikan kesan terakhir pada pembaca, sehingga sangat penting untuk menulis kalimat penutup yang tepat dan jelas. Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang struktur dan contoh kalimat penutup surat dinas, fungsi dan teknik menulis kalimat penutup surat dinas, serta cara menerapkannya dengan benar.

Key Takeaways:

  • Struktur kalimat penutup surat dinas perlu diperhatikan agar terlihat formal dan jelas.
  • Contoh kalimat penutup surat dinas bisa dijadikan referensi untuk menulis kalimat penutup yang tepat dan sesuai.
  • Fungsi kalimat penutup surat dinas adalah memberikan kesan terakhir dan menjaga hubungan baik dengan penerima surat.
  • Teknik menulis kalimat penutup surat dinas meliputi penulisan singkat, sederhana, dan menghindari kesalahan tata bahasa.
  • Menerapkan kalimat penutup surat dinas dengan benar akan membantu meningkatkan efektivitas komunikasi antara pengirim dan penerima surat.

Struktur Kalimat Penutup Surat Dinas

Perlu diperhatikan bahwa kalimat penutup surat dinas memiliki struktur yang perlu dipahami dengan baik agar dapat menutup surat dengan baik pula. Terdapat beberapa tips yang dapat membantu dalam menyusun struktur kalimat penutup surat dinas, di antaranya:

  1. Pertama, pastikan kalimat penutup sesuai dengan sapaan awal yang digunakan pada pembukaan surat. Jika pada awal surat menggunakan sapaan hormat, maka pada penutup pun harus sama. Sebaliknya, jika menggunakan sapaan biasa, maka gunakan juga sapaan biasa pada kalimat penutup.
  2. Kedua, gunakan kata-kata yang ramah dan sopan dalam menutup surat. Misalnya, kata-kata seperti “terima kasih atas perhatian dan kerja samanya” atau “mohon maaf atas segala kesalahan yang terjadi”.
  3. Ketiga, gunakan kalimat yang singkat dan jelas agar mudah dipahami oleh penerima surat. Tidak perlu menggunakan kalimat yang panjang dan rumit, yang justru dapat membuat penerima surat bingung.

Dengan memperhatikan tips di atas, diharapkan dapat membantu dalam menyusun struktur kalimat penutup surat dinas dengan baik dan tepat.

Contoh Kalimat Penutup Surat Dinas

Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat penutup surat dinas yang tepat:

No.Contoh Kalimat Penutup Surat Dinas
1Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.
2Harap maklum atas keterbatasan yang kami miliki, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.
3Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatian dan kebijaksanaannya kami ucapkan terima kasih.
4Atas perhatian dan kebijaksanaannya kami ucapkan terima kasih, semoga kerjasama kita terus terjalin dengan baik.

Penulisan kalimat penutup surat dinas sebaiknya menghindari penggunaan kalimat yang bertentangan dengan isi surat dinas tersebut. Selain itu, pastikan kalimat penutup menggambarkan kesan positif dan menghargai penerima surat.

Fungsi Kalimat Penutup Surat Dinas

Setelah Anda mengetahui struktur dan contoh kalimat penutup surat dinas, tidak kalah pentingnya untuk memahami fungsi dari kalimat penutup surat dinas tersebut. Fungsi kalimat penutup surat dinas sangatlah penting, karena dapat mempengaruhi kesan yang diberikan pada penerima surat. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan penggunaan kalimat penutup surat dinas ini.

Fungsi Kalimat Penutup Surat DinasPenjelasan
Menunjukkan kesopananKalimat penutup surat dinas menunjukkan kesopanan dalam berkomunikasi secara resmi.
Merupakan tanda tangan virtualKalimat penutup surat dinas seringkali digunakan sebagai pengganti tanda tangan pada surat dinas.
Memberikan kesan terakhir pada penerimaSebagai bagian terakhir dari surat dinas, kalimat penutup dapat memberikan kesan terakhir pada penerima surat.
Mengingatkan penerima suratKalimat penutup surat dinas dapat digunakan untuk mengingatkan penerima surat tentang hal-hal tertentu, seperti batas waktu atau tindakan selanjutnya yang harus diambil.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa kalimat penutup surat dinas memainkan peran yang sangat penting dalam berkomunikasi secara resmi. Oleh karena itu, perlu diperhatikan dan dipilih dengan saksama agar fungsi dari kalimat penutup surat dinas dapat terpenuhi dengan baik. Dengan memperhatikan pentingnya kalimat penutup surat dinas, komunikasi yang dilakukan dapat menjadi lebih efektif dan profesional.

Teknik Menulis Kalimat Penutup Surat Dinas

Membuat kalimat penutup surat dinas yang tepat dan efektif merupakan salah satu kunci sukses sebuah surat dinas. Berikut ini adalah beberapa teknik dan langkah-langkah dalam menulis kalimat penutup surat dinas:

  1. Rekapitulasi isi surat: Jangan lupakan untuk menjelaskan kembali apa yang sudah dibahas dalam surat dan tujuan utama penulisan surat.
  2. Menggunakan kalimat yang sopan: Hindari penggunaan kalimat yang terlalu informal atau terlalu akrab, gunakan bahasa yang sopan untuk tetap menjaga kesan profesionalisme.
  3. Ungkapkan penghargaan: Jangan lupa untuk menyampaikan rasa terima kasih atau penghargaan terhadap penerima surat atau pihak terkait.

Dalam menulis kalimat penutup surat dinas, perlu juga diperhatikan bahwa kalimat tersebut harus singkat, padat, dan jelas. Hal ini akan memudahkan pembaca untuk memahami pesan yang ingin disampaikan.

Sebagai contoh:

SalahDemikian surat ini kami sampaikan. Terima kasih.
BenarDemikian surat ini kami sampaikan atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

Langkah-langkah tersebut dapat membantu Anda dalam menulis kalimat penutup surat dinas yang efektif dan memberikan kesan profesional. Pastikan juga untuk selalu melakukan pengecekan ulang terhadap tata bahasa, ejaan, dan format penulisan surat dinas sebelum dikirimkan.

Menerapkan Kalimat Penutup Surat Dinas

Setelah memahami struktur dan contoh kalimat penutup surat dinas, langkah selanjutnya adalah menerapkannya dalam penulisan surat dinas. Penerapan kalimat penutup surat dinas yang tepat dapat membantu meningkatkan kesan profesional dan keseriusan institusi. Berikut adalah beberapa contoh penerapan kalimat penutup surat dinas yang efektif:

Jenis SuratContoh Kalimat Penutup
Surat UndanganDemikian surat undangan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kehadiran Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.
Surat PemberitahuanAtas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.
Surat PermohonanAtas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Selain itu, berikut adalah langkah-langkah yang dapat diikuti untuk menerapkan kalimat penutup surat dinas yang baik:

  1. Pertimbangkan tujuan surat dan sasarannya.
  2. Tuliskan kalimat penutup yang singkat, tegas, dan jelas.
  3. Gunakan bahasa formal dan sopan.
  4. Sampaikan pesan terima kasih dan apresiasi.
  5. Tandai dengan tanda tangan dan nama lengkap.

Dengan menerapkan langkah-langkah tersebut, diharapkan kalimat penutup surat dinas dapat dibuat dengan lebih mudah dan efektif.

Kesimpulan

Dalam penulisan surat dinas, kalimat penutup memainkan peran penting dalam memberikan kesan yang baik kepada pembaca. Dengan menggunakan kalimat penutup yang tepat, penggunaan surat dinas dapat menjadi lebih efektif dan memiliki manfaat yang lebih besar. Selain itu, efektivitas kalimat penutup surat dinas dapat meningkatkan citra institusi atau perusahaan yang mengirimkan surat dinas tersebut.

Dalam hal penggunaannya, kalimat penutup surat dinas harus mencerminkan tujuan surat dan menyampaikan pesan secara jelas dan singkat. Dengan menggunakan teknik yang tepat dan memperhatikan struktur serta tata bahasa yang benar dalam penulisan kalimat penutup surat dinas, maka akan meningkatkan kesan yang baik kepada pembaca. Oleh karenanya, penggunaan kalimat penutup surat dinas harus diperhatikan dengan baik dan diterapkan secara konsisten dalam setiap surat dinas yang dibuat.

Dengan demikian, pentingnya kalimat penutup surat dinas tidak dapat diremehkan. Sebagai sebuah dokumen resmi, surat dinas harus ditulis dengan sebaik-baiknya dan diakhiri dengan kalimat penutup yang memperkuat tujuan surat tersebut. Sehingga, dengan adanya artikel ini diharapkan dapat membantu para pembaca dalam menulis kalimat penutup surat dinas yang tepat dan efektif.

Sumber Referensi

Bagi Anda yang ingin memperdalam pengetahuan tentang penulisan kalimat penutup surat dinas, terdapat banyak buku panduan yang dapat menjadi referensi. Salah satu buku yang direkomendasikan adalah “Panduan Lengkap Menulis Surat Dinas” karya Drs. H. M. Arfandy, M.Pd. Buku ini membahas lengkap tentang teknik dan strategi menulis surat dinas, termasuk bagaimana menulis kalimat penutup yang tepat.

Selain itu, Anda juga dapat merujuk pada buku panduan penulisan lainnya seperti “Tata Cara Menulis Surat Dinas yang Efektif” karya Budi Santosa dan “Panduan Menulis Surat Dinas untuk Pemula” karya Tim Dinas Komunikasi dan Informatika.

Dalam memilih buku panduan penutup surat dinas, pastikan buku merujuk pada aturan penulisan yang berlaku, seperti Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) dan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (PUEBI). Dengan begitu, penulisan surat dinas Anda akan lebih profesional dan efektif.