Kajian Literatur Adalah: Pengertian, Tujuan, dan Prosesnya

Kajian literatur adalah penelitian yang mengacu pada bahan bacaan, baik itu berupa buku, jurnal, tesis, atau artikel, untuk menghasilkan suatu karya ilmiah. Kajian literatur sangat penting dalam penelitian akademik karena memberikan landasan teori dari penelitian dan memperkaya pemahaman peneliti terhadap topik yang diteliti.

Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari pengertian kajian literatur secara lebih rinci, tujuannya, serta proses yang harus dilakukan untuk menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas.

Key Takeaways:

  • Kajian literatur adalah penelitian yang menggunakan bahan bacaan untuk menghasilkan karya ilmiah.
  • Kajian literatur penting dalam penelitian akademik karena memberikan landasan teori dan memperkaya pemahaman peneliti terhadap topik yang diteliti.

Pengertian Kajian Literatur

Kajian literatur adalah sebuah penelitian yang dilakukan untuk mengumpulkan informasi dari sumber-sumber tertulis seperti buku, jurnal, dan artikel ilmiah lainnya. Tujuannya adalah untuk memahami topik tertentu secara mendalam dan menyajikan hasil penelitian yang akurat. Kajian literatur dapat dilakukan sebagai bagian dari tesis, disertasi, karya tulis ilmiah, atau sebagai penelitian independen.

Kajian literatur juga merupakan salah satu metode terbaik untuk mengidentifikasi gap atau celah penelitian pada topik tertentu. Dengan melakukan kajian literatur, peneliti dapat mengetahui apa yang telah ditulis tentang topik tersebut dan mengidentifikasi bagian mana yang masih kurang jelas atau belum diperhatikan. Hal ini dapat menjadi dasar untuk penelitian lanjutan.

Berikut adalah beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam kajian literatur:

  • Pemilihan sumber yang relevan dan berkualitas
  • Pengelolaan informasi yang tepat
  • Penggunaan metode analisis yang sesuai

Dalam melakukan kajian literatur, peneliti juga perlu memperhatikan aspek keakuratan dan keberlanjutan informasi yang diperoleh dari berbagai sumber literatur. Oleh karena itu, seorang peneliti harus memastikan bahwa sumber-sumber yang digunakan dalam kajian literatur sumber yang terpercaya dan dapat dipertanggungjawabkan.

Dengan melakukan kajian literatur, peneliti dapat meningkatkan pemahaman tentang topik tertentu dan menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas.

Tujuan Kajian Literatur

Kajian literatur merupakan suatu metode yang digunakan dalam penelitian akademik untuk mendapatkan informasi dari berbagai sumber literatur yang terkait dengan topik tertentu. Tujuannya adalah untuk mengumpulkan, mengevaluasi, dan menganalisis informasi yang diperoleh dari sumber-sumber literatur.

Tujuan utama dari kajian literatur untuk memahami penelitian terdahulu yang telah dilakukan dalam bidang yang sama atau terkait. Dengan memahami penelitian sebelumnya, peneliti dapat mengidentifikasi kelemahan atau kekurangan dari penelitian tersebut dan menghindari kesalahan yang sama dalam penelitian mereka sendiri. Selain itu, kajian literatur juga bertujuan untuk mengidentifikasi topik yang masih belum terjawab dan memberikan arahan untuk penelitian selanjutnya.

Manfaat lain dari kajian literatur sebagai berikut:

  • Memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang topik penelitian.
  • Menemukan sumber-sumber informasi yang relevan.
  • Mengidentifikasi metode yang digunakan dalam penelitian serupa.
  • Menemukan perbedaan dan persamaan antara penelitian terdahulu dengan penelitian baru.
  • Memastikan bahwa penelitian yang dilakukan orisinal dan berkontribusi pada pengetahuan yang ada.

Dalam melakukan kajian literatur, penting untuk memahami bahwa tujuan dari kajian literatur untuk memperoleh pemahaman yang mendalam tentang topik penelitian, bukan sekadar merangkum sumber-sumber literatur yang ada. Oleh karena itu, peneliti harus memastikan bahwa sumber-sumber literatur yang digunakan relevan dan berkualitas.

Proses Kajian Literatur

Proses kajian literatur perlu dilakukan secara sistematis untuk memastikan bahwa sumber-sumber yang dikumpulkan relevan dan berkualitas. Berikut ini adalah tahapan yang dapat diikuti:

  1. Mendefinisikan Pertanyaan Penelitian: Sebelum memulai kajian literatur, pastikan bahwa pertanyaan penelitian telah terdefinisi dengan jelas. Hal ini akan membantu dalam mengumpulkan sumber-sumber yang relevan dengan topik penelitian.
  2. Mengumpulkan Sumber-sumber Literatur: Sumber-sumber literatur dapat diperoleh dari berbagai sumber seperti jurnal ilmiah, buku, dan dokumen online. Pastikan bahwa sumber-sumber yang dipilih berkualitas dan relevant dengan topik penelitian.
  3. Membaca dan Menelaah Sumber-sumber Literatur: Setelah mengumpulkan sumber-sumber literatur, baca dan telaah dengan seksama untuk memastikan bahwa sumber tersebut benar-benar relevan dengan topik penelitian dan dapat mendukung argumen yang dibuat.
  4. Mengorganisasikan Sumber-sumber Literatur: Setelah membaca sumber-sumber literatur, susun informasi yang diperoleh ke dalam grup atau kategori yang relevan untuk memudahkan pengelolaan dan analisis data.
  5. Menganalisis Informasi: Setelah mengorganisasikan sumber-sumber literatur, lanjutkan dengan menganalisis informasi yang diperoleh. Pastikan bahwa analisis tersebut relevan dengan pertanyaan penelitian dan dapat mendukung argumen yang dibuat.
  6. Menulis Kajian Literatur: Setelah melakukan analisis, susunlah kajian literatur secara sistematis dan terstruktur. Pastikan bahwa kajian literatur tersebut mencakup semua sumber-sumber yang relevan dan dapat mendukung argumen yang dibuat.

Dengan mengikuti tahapan-tahapan di atas, kajian literatur yang dilakukan dapat memberikan hasil yang akurat dan relevan dengan topik penelitian. Selain itu, kajian literatur juga dapat membantu dalam mengidentifikasi celah atau kesenjangan penelitian yang dapat dijadikan sebagai bahan penelitian mendatang.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa kajian literatur merupakan penelitian yang penting dalam konteks akademik. Kajian literatur bertujuan untuk mengumpulkan dan menganalisis informasi dari berbagai sumber literatur yang berkaitan dengan topik penelitian.

Proses kajian literatur terdiri dari beberapa langkah, mulai dari mengumpulkan sumber-sumber literatur yang relevan dengan topik penelitian hingga melakukan analisis terhadap informasi yang diperoleh. Dengan melakukan kajian literatur, peneliti dapat meningkatkan kualitas karya ilmiahnya serta memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang topik penelitiannya.

Oleh karena itu, penting bagi peneliti untuk melakukan kajian literatur secara seksama dan terstruktur. Dengan demikian, peneliti dapat memperoleh informasi yang akurat dan relevan untuk mendukung penelitian yang dilakukannya.

Originally posted 2023-08-25 11:00:33.