Contoh Soal Pilihan Ganda Teks Deskripsi: Latihan Terlengkap Indonesia

Siswa Indonesia membutuhkan latihan pemahaman yang memadai dalam membaca teks deskripsi. Salah satu latihan yang efektif adalah mengerjakan soal pilihan ganda teks deskripsi. Melalui latihan ini, siswa dapat meningkatkan kemampuan membaca dan memahami teks deskripsi dengan lebih baik.

Contoh soal pilihan ganda teks deskripsi yang akan kami sajikan di sini adalah yang terlengkap dan cocok untuk siswa Indonesia. Dalam artikel ini, kami akan membagikan contoh soal pilihan ganda teks deskripsi sederhana, menengah, dan tingkat lanjutan, serta memberikan teknik dan strategi dalam mengerjakan soal tersebut.

Key Takeaways

  • Latihan pemahaman melalui soal pilihan ganda teks deskripsi penting untuk membantu siswa meningkatkan kemampuan membaca dan memahami teks deskripsi.
  • soal pilihan ganda teks deskripsi yang akan disajikan di sini adalah terlengkap dan cocok untuk siswa Indonesia.
  • Artikel ini akan membagikan soal pilihan ganda teks deskripsi sederhana, menengah, dan tingkat lanjutan, serta memberikan teknik dan strategi dalam mengerjakan soal tersebut.

Apa itu Teks Deskripsi?

Teks deskripsi adalah jenis teks yang tujuannya adalah untuk memberikan gambaran atau deskripsi tentang suatu objek, tempat, orang, atau pengalaman. Teks deskripsi bertujuan untuk memberikan pemahaman yang jelas tentang subjek yang dijelaskan dengan kata-kata yang deskriptif dan detail.

Teks deskripsi biasanya digunakan dalam teks nonfiksi, seperti laporan atau artikel. Teks deskripsi memainkan peran penting dalam membantu pembaca memahami topik yang dijelaskan dengan lebih baik. Saat seseorang membaca teks deskripsi, mereka harus dapat membayangkan subjek yang dijelaskan dengan sangat jelas dalam pikiran mereka.

Struktur Teks Deskripsi

Teks deskripsi adalah jenis teks yang berfokus pada deskripsi suatu objek, tempat, kejadian, atau orang. Sebuah teks deskripsi memiliki struktur yang cukup sederhana dan terdiri dari bagian-bagian utama berikut:

BagianDeskripsi
PengantarBagian ini berisi pendahuluan yang menjelaskan objek atau topik yang akan dideskripsikan, serta tujuan penulis dalam membuat teks deskripsi.
IsiBagian ini merupakan inti dari teks deskripsi yang berisi deskripsi mendetail tentang objek yang dideskripsikan, seperti ciri-ciri, bentuk, dan karakteristiknya.
KesimpulanBagian ini berisi ringkasan atau kesimpulan dari deskripsi yang telah disampaikan di bagian isi.

Secara umum, struktur teks deskripsi disusun agar pembaca dapat dengan mudah memahami objek atau topik yang dideskripsikan dengan baik dan jelas.

Ciri-ciri Teks Deskripsi yang Baik

Agar teks deskripsi dapat mencapai tujuannya, terdapat beberapa ciri-ciri yang harus dipenuhi. Berikut adalah ciri-ciri teks deskripsi yang baik:

  • Relevan: Teks deskripsi harus relevan dengan topik atau objek yang dideskripsikan. Deskripsi yang tidak relevan membuat pembaca merasa bingung dan kehilangan minat.
  • Spesifik: Teks deskripsi harus memberikan detail dan informasi spesifik tentang objek yang dideskripsikan. Deskripsi yang umum dan ambigu tidak membantu pembaca memahami objek tersebut.
  • Vivid: Teks deskripsi harus mengandung bahasa yang hidup dan menggambarkan objek dengan warna-warni dan rasa. Deskripsi yang kering dan datar tidak menyenangkan untuk dibaca.
  • Teratur: Teks deskripsi harus memiliki susunan yang teratur dan mudah diikuti. Susunan yang berantakan dan tidak teratur membuat pembaca kesulitan untuk memahami teks.
  • Akurat: Teks deskripsi harus akurat dan tidak mengandung informasi yang salah atau menyesatkan tentang objek yang dideskripsikan.

Dengan memenuhi ciri-ciri di atas, teks deskripsi dapat menjadi alat yang efektif bagi penulis untuk menggambarkan objek secara detail dan membantu pembaca memahami objek tersebut dengan lebih baik.

Teknik Mengerjakan Soal Pilihan Ganda Teks Deskripsi

Selain memahami struktur dan ciri-ciri teks deskripsi, siswa juga perlu membekali diri dengan teknik mengerjakan soal pilihan ganda yang berkaitan dengan teks tersebut. Berikut adalah beberapa teknik yang dapat dipraktikkan:

  1. Baca pertanyaan sebelum membaca teks. Dengan mengetahui pertanyaan terlebih dahulu, siswa akan lebih fokus saat membaca teks dan dapat mengidentifikasi informasi penting dengan lebih mudah.
  2. Baca teks dengan seksama. Siswa sebaiknya membaca teks secara keseluruhan sebelum menjawab pertanyaan. Perhatikan kata kunci dan fokus pada informasi yang relevan dengan pertanyaan.
  3. Buatlah catatan penting. Siswa dapat mencatat poin-poin penting dari teks yang berkaitan dengan pertanyaan.
  4. Eliminasi jawaban yang jelas salah. Setelah membaca pertanyaan, siswa dapat mencoba mengeliminasi jawaban yang jelas salah, sehingga tinggal beberapa pilihan yang lebih mungkin benar.
  5. Gunakan pengetahuan umum. Siswa dapat menggunakan pengetahuan umum untuk menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan topik tertentu dalam teks.
  6. Ciptakan gambaran mental. Untuk pertanyaan yang meminta deskripsi atau gambaran suatu objek atau tempat, siswa sebaiknya menciptakan gambaran mental yang jelas sebelum memilih jawaban yang paling tepat.
  7. Manage waktu dengan baik. Terakhir, siswa perlu mengelola waktu dengan baik agar dapat menjawab semua pertanyaan dengan tepat waktu. Jangan terlalu lama memikirkan satu pertanyaan, dan pastikan waktu tersisa untuk mengecek jawaban yang telah diberikan.

Contoh Soal Pilihan Ganda Teks Deskripsi Sederhana

Berikut adalah beberapa soal pilihan ganda teks deskripsi sederhana yang dapat membantu siswa meningkatkan pemahaman mereka:

No.SoalJawaban
1Pretzel adalah makanan yang berasal dari negara mana?
  • A. Jerman
  • B. Italia
  • C. Prancis
  • D. Inggris
2Apa yang dimaksud dengan “mesin duduk” dalam teks deskripsi ini?
  • A. Mesin yang digunakan untuk menenun
  • B. Mesin yang digunakan untuk membuat roti
  • C. Mesin yang digunakan untuk mencuci
  • D. Mesin yang digunakan untuk menjahit
3Apa yang terjadi saat terkena sinar matahari terlalu lama?
  • A. Kulit menjadi lebih cerah
  • B. Kulit menjadi lebih sehat
  • C. Kulit menjadi lebih kencang
  • D. Kulit menjadi lebih gelap

Jawaban:

No.Jawaban yang BenarKeterangan
1AContoh makanan Pretzel berasal dari Jerman seperti yang dicantumkan dalam teks deskripsi.
2DDi dalam teks deskripsi tersebut dijelaskan tentang mesin jahit yang disebut dengan “mesin duduk”.
3DSinar matahari yang terlalu lama dapat membuat kulit lebih gelap karena produksi pigment melanin meningkat.

Contoh Soal Pilihan Ganda Teks Deskripsi Menengah

Berikut ini adalah soal pilihan ganda teks deskripsi yang lebih menantang, cocok untuk siswa yang sudah memahami konsep teks deskripsi dengan baik.

NoSoalJawaban
1What is being described in the text?
  1. A new cellphone model
  2. A type of camera
  3. A fashionable hat
  4. A popular restaurant
2What is the main function of the item described in the text?
  1. To take pictures underwater
  2. To provide entertainment during a long flight
  3. To help people communicate with each other
  4. To track a person’s fitness activity
3What is the author’s opinion about the item described in the text?
  1. It is overpriced and not worth the money
  2. It is durable and can withstand harsh environments
  3. It is easy to use and suitable for beginners
  4. It is outdated and needs to be improved
4What are the advantages of using the item described in the text?
  1. It has a long battery life and can be recharged quickly
  2. It is compact and easy to carry around
  3. It can be used for both personal and professional purposes
  4. It comes with a warranty and excellent customer service

Jawaban:

1. A new cellphone model

2. To take pictures underwater

3. It is easy to use and suitable for beginners

4. It is compact and easy to carry around

Penjelasan:

Soal nomor 1 mengharuskan pembaca memahami maksud dari teks deskripsi. Jawaban yang tepat adalah A, sebuah model ponsel baru. Soal nomor 2 mengharuskan pembaca memahami fungsi utama dari barang yang dijelaskan. Jawaban yang tepat adalah A, untuk mengambil foto di bawah air. Soal nomor 3 bertanya tentang opini penulis tentang barang tersebut. Jawaban yang tepat adalah C, mudah digunakan dan cocok untuk pemula. Soal nomor 4 meminta pembaca untuk mengetahui keunggulan barang tersebut. Jawaban yang tepat adalah B, kompak dan mudah dibawa.

Contoh Soal Pilihan Ganda Teks Deskripsi Tingkat Lanjutan

Berikut ini adalah soal pilihan ganda teks deskripsi pada tingkat lanjutan. Soal-soal ini dirancang untuk menguji kemampuan siswa dalam menganalisis dan memahami teks deskripsi dengan lebih mendalam.

Soal 1:

Gunung Rinjani adalah gunung tertinggi kedua di Indonesia setelah Gunung Kerinci. Dengan ketinggian 3.726 meter, Gunung Rinjani terletak di Pulau Lombok dan merupakan salah satu daya tarik wisata populer di Indonesia. Teks di atas merupakan contoh teks jenis…

  • A. Deskripsi
  • B. Narasi
  • C. Eksposisi
  • D. Argumentasi

Jawaban: A.

Pembahasan: Teks tersebut memuat gambaran mengenai Gunung Rinjani, yang merupakan karakteristik dari teks deskripsi.

Soal 2:

Gunung Merbabu terletak di Jawa Tengah dan memiliki ketinggian sebesar 3.145 meter. Dalam perjalanan mendaki Gunung Merbabu, para pendaki dapat menemukan berbagai jenis flora dan fauna endemik. Teks di atas menunjukkan bahwa Gunung Merbabu…

  • A. hanya terletak di Jawa Tengah
  • B. memiliki ketinggian yang sama dengan Gunung Rinjani
  • C. merupakan tempat tinggal bagi flora dan fauna endemik
  • D. tidak menawarkan pemandangan yang indah

Jawaban: C.

Pembahasan: Teks tersebut menjelaskan bahwa Gunung Merbabu merupakan tempat tinggal bagi flora dan fauna endemik, sehingga jawaban yang tepat adalah C.

Soal 3:

Jalan Malioboro di Yogyakarta terkenal dengan keramik dan batik khasnya. Selain itu, jalan ini juga menjadi pusat kuliner khas Yogyakarta. Teks di atas merupakan contoh teks jenis…

  • A. Deskripsi
  • B. Narasi
  • C. Eksposisi
  • D. Argumentasi

Jawaban: A.

Pembahasan: Teks tersebut memuat gambaran mengenai Jalan Malioboro di Yogyakarta, yang merupakan ciri khas dari teks deskripsi.

Soal 4:

Kalimantan Timur memiliki wisata bahari yang menarik, seperti Wisata Pulau Derawan dan Wisata Tanjung Puting. Wisata Pulau Derawan terkenal dengan pantainya yang indah dan penyu lautnya yang langka. Sementara itu, Wisata Tanjung Puting menawarkan pengalaman menyaksikan orangutan liar. Teks di atas bertujuan untuk…

  • A. memberikan deskripsi mengenai Kalimantan Timur
  • B. mempromosikan wisata bahari di Kalimantan Timur
  • C. memberikan fakta mengenai penyu laut
  • D. memotivasi orang untuk melakukan ekowisata

Jawaban: B.

Pembahasan: Teks tersebut menjelaskan tentang wisata bahari yang menarik di Kalimantan Timur, sehingga bertujuan untuk mempromosikan wisata bahari di daerah tersebut.

Soal 5:

Monumen Nasional atau Monas adalah salah satu ikon kota Jakarta. Berdiri di tengah Lapangan Merdeka, Monas memiliki ketinggian 132 meter dan dibangun pada tahun 1961. Teks di atas menunjukkan bahwa Monas…

  • A. terletak di Jakarta
  • B. merupakan tugu peringatan
  • C. dibangun pada tahun 1945
  • D. memiliki ketinggian 132 meter

Jawaban: D.

Pembahasan: Teks tersebut menjelaskan bahwa Monas memiliki ketinggian 132 meter, sehingga jawaban yang tepat adalah D.

Originally posted 2023-09-07 09:00:09.