Contoh Soal Pilihan Ganda Teks Argumentasi: Latihan & Pembahasan

Apakah kamu ingin meningkatkan kemampuanmu dalam memahami teks argumentasi? Artikel ini akan memberikan Contoh Soal Pilihan Ganda Teks Argumentasi. Tidak hanya itu, kami juga akan memberikan latihan dan pembahasan yang komprehensif untuk setiap soal.

Key Takeaways:

  • Contoh soal pilihan ganda teks argumentasi dapat membantu meningkatkan kemampuan dalam memahami teks argumentasi.
  • Latihan dan pembahasan yang disediakan akan memberikan pemahaman yang lebih komprehensif.

Pengertian Teks Argumentasi

Teks argumentasi adalah jenis teks yang bertujuan untuk menyatakan pendapat atau argumen terkait suatu topik atau permasalahan tertentu. Teks argumentasi umumnya digunakan dalam lingkungan akademis, jurnalisme, atau debat untuk memperdebatkan suatu permasalahan atau opini.

Ciri-Ciri Teks Argumentasi

Teks argumentasi memiliki beberapa ciri-ciri yang khas. Pertama, teks ini memiliki tujuan untuk meyakinkan pembaca atau pendengar tentang pendapat atau gagasan yang disampaikan oleh penulis atau pembicara.

Kedua, teks argumentasi seringkali menggunakan logika yang kuat dalam menyajikan argumen. Hal ini dilakukan agar pembaca atau pendengar dapat mengikuti rangkaian pemikiran dan mengambil kesimpulan yang sama atau setidaknya dapat mempertimbangkan argumen yang disajikan.

Ketiga, teks argumentasi juga menggunakan bukti atau data yang dapat mendukung argumen yang disampaikan. Data ini dapat berupa fakta, statistik, atau kutipan dari sumber yang dapat dipercaya.

Keempat, teks argumentasi menggunakan bahasa yang persuasif. Penulis atau pembicara seringkali menggunakan kata-kata yang memiliki makna kuat, menggunakan gaya bahasa yang menarik, serta menggunakan teknik-teknik retorika untuk mempengaruhi pembaca atau pendengar.

Terakhir, struktur dan organisasi teks argumentasi biasanya terdiri dari pembukaan yang memperkenalkan topik, penjelasan tentang argumen yang disajikan, serta kesimpulan yang merangkum keseluruhan argumen dan memberikan pandangan atau saran yang diusulkan oleh penulis atau pembicara.

Strategi Membedah Teks Argumentasi

Untuk dapat memahami teks argumentasi dengan baik, dibutuhkan beberapa strategi dalam membedahnya. Berikut adalah beberapa strategi yang dapat Anda gunakan:

  • Identifikasi Gagasan Pokok: Bacalah secara keseluruhan teks argumentasi dan identifikasi gagasan pokok dari teks tersebut. Gagasan pokok biasanya terletak di awal teks dan dapat ditemukan dengan mencari kalimat atau paragraf yang mengandung ide utama dari teks.
  • Tentukan Argumen dan Fakta Pendukung: Setelah mengidentifikasi gagasan pokok, identifikasi argumen dan fakta pendukung yang digunakan oleh penulis untuk memperkuat argumennya. Ini termasuk penggunaan data statistik, bukti empiris, dan pernyataan otoritas dalam menyokong argumen.
  • Identifikasi Kontra-Argumen: Selain argumen utama, penulis seringkali juga menentang argumen yang berbeda atau kontra-argumen. Identifikasi kontra-argumen yang dihadapi penulis dapat membantu Anda memahami sudut pandang atau posisi yang diambil oleh penulis dalam teks.
  • Perhatikan Kebiasaan dan Kesalahan Berpikir: Setiap teks argumentasi mungkin memiliki kebiasaan atau kesalahan berpikir tertentu, seperti argumentum ad hominem atau pemikiran hitam-putih. Pengenalan kebiasaan atau kesalahan ini dapat membantu Anda memahami argumen secara kritis, serta membantu mengidentifikasi posisi penulis pada suatu topik.
  • Membaca Secara Kritis: Membaca secara kritis melibatkan mengevaluasi argumen dan fakta pendukung, serta menentukan apakah itu masuk akal dan adil. Dalam memahami teks argumentasi, membedah teks dengan cara membaca secara kritis dapat membantu untuk memahami argumen dan posisi penulis secara lebih baik.

Latihan Soal Pilihan Ganda Teks Argumentasi

Berikut adalah beberapa contoh soal pilihan ganda tentang teks argumentasi. Pilihlah jawaban yang paling tepat dan cocok dengan teks yang diberikan. Latihan ini akan membantu Anda melatih kemampuan pemahaman dan analisis teks argumentasi.

  1. Berikut ini yang termasuk ciri-ciri teks argumentasi adalah…
    1. Memaparkan fakta secara detail
    2. Menggunakan bahasa persuasif
    3. Menyampaikan opini pribadi tanpa dukungan fakta
    4. Merupakan urutan kejadian secara kronologis

    Jawaban yang benar adalah B. Teks argumentasi menggunakan bahasa persuasif dalam menyampaikan pendapat atau argumen, serta menyajikan dukungan dan fakta untuk memperkuat argumen tersebut.

  2. Tujuan dari teks argumentasi adalah…
    1. Untuk menghibur pembaca
    2. Untuk menyajikan fakta secara objektif
    3. Untuk mempengaruhi pikiran atau tindakan pembaca
    4. Untuk menjelaskan suatu topik secara detail

    Jawaban yang benar adalah C. Tujuan dari teks argumentasi adalah untuk mempengaruhi pikiran atau tindakan pembaca dengan menggunakan pendapat atau argumen beserta dukungan yang disajikan dalam teks tersebut.

  3. Berikut ini adalah contoh teks argumentasi, kecuali…
    1. Artikel opini tentang perlunya peningkatan pendidikan di Indonesia
    2. Ulasan film yang berisi pendapat pribadi tentang kualitas film tersebut
    3. Surat pembaca yang mengkritik kebijakan pemerintah
    4. Editorial koran yang membahas dampak lingkungan dari industri tekstil

    Jawaban yang benar adalah B. Ulasan film lebih menggambarkan pendapat pribadi tanpa disertai dengan dukungan atau argumen, sehingga tidak termasuk ke dalam teks argumentasi.

Pembahasan Soal Pilihan Ganda Teks Argumentasi

Berikut ini adalah pembahasan lengkap untuk setiap soal pilihan ganda teks argumentasi yang telah diberikan pada bagian sebelumnya. Perhatikan baik-baik penjelasan di bawah ini untuk memperdalam pemahaman mengenai teks argumentasi.

Soal 1

Pernyataan yang merupakan kesimpulan dari teks argumentasi adalah…

Jawaban: C

Penjelasan: Kesimpulan dari teks argumentasi adalah bahwa pembatasan waktu belajar bagi anak-anak sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan perkembangan fisik dan psikologis mereka. Pada bagian akhir teks, terdapat kalimat “Lebih tepat jika batas waktu belajar disesuaikan dengan kebutuhan individu dan bukan hanya ditentukan secara umum.”

Soal 2

Argumen yang digunakan dalam teks argumentasi adalah…

Jawaban: A

Penjelasan: Teks argumentasi menggunakan argumen bahwa batasan waktu belajar yang umum dapat berdampak buruk pada kesehatan anak-anak. Hal ini dapat dilihat pada kalimat “Pembatasan waktu belajar yang umum cenderung membuat anak-anak menjadi tidak produktif, stres, dan bahkan sakit.”

Soal 3

Inti dari paragraf keempat adalah…

Jawaban: B

Penjelasan: Paragraf keempat berisi tentang konsekuensi dari pembatasan waktu belajar yang berlebihan pada anak. Hal ini dapat dilihat pada kalimat “Akibatnya, anak-anak bisa mengalami stres, kelelahan, dan gangguan kesehatan lainnya.”

Soal 4

Counter-argument yang mungkin muncul adalah…

Jawaban: D

Penjelasan: Pada teks argumentasi, tidak terdapat counter-argument yang disajikan untuk masalah pembatasan waktu belajar pada anak-anak. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah D, yaitu “Tidak ada counter-argument.”

Soal 5

Kesimpulan yang diambil dari teks argumentasi adalah…

Jawaban: A

Penjelasan: Kesimpulan dari teks argumentasi adalah bahwa batasan waktu belajar bagi anak-anak sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan individu dan bukan hanya ditentukan secara umum. Pada bagian akhir teks, terdapat kalimat “Lebih tepat jika batas waktu belajar disesuaikan dengan kebutuhan individu dan bukan hanya ditentukan secara umum.”

Originally posted 2023-09-08 07:00:23.