Kumpulan Contoh Puisi yang Bersajak AB AB Terbaik di Indonesia

Ini adalah kumpulan Contoh Puisi yang Bersajak AB AB, salah satu jenis puisi yang populer di Indonesia. Puisi-puisi ini dipilih berdasarkan keindahan dan pesan yang disampaikan, sehingga menjadi yang terbaik di Indonesia.

Puisi bersajak AB AB adalah jenis puisi yang mengikuti pola sajak dua baris dengan pola irama pengulangan bunyi akhir pada setiap barisnya. Contoh-contoh puisi ini akan memperlihatkan contoh pola irama pengulangan bunyi akhir pada setiap baris yang menghasilkan sajak AB AB.

Ciri-ciri puisi bersajak AB AB antara lain adalah adanya pengulangan bunyi akhir pada setiap baris dan penggunaan irama yang teratur. Contoh-contoh puisi ini juga mudah dipahami karena pola irama pengulangan bunyi akhir yang konsisten.

Membuat puisi bersajak AB AB tidaklah sulit. Anda dapat memulai dengan memilih tema puisi dan mengatur pola irama pengulangan bunyi akhir pada setiap barisnya. Beberapa tips dan langkah-langkah akan disajikan dalam bagian ini.

Cinta sering menjadi tema yang indah dalam puisi. Pada bagian ini, Anda akan menemukan contoh-contoh puisi yang menggunakan pola sajak AB AB dan berbicara tentang perasaan cinta dengan indahnya.

Contoh Puisi yang Bersajak AB AB juga dapat menjadi sarana untuk mengungkapkan rasa cinta dan kecintaan terhadap tanah air Indonesia. Melalui puisi-puisi ini, kita dapat merasakan keindahan bahasa dan mendapatkan inspirasi dari Ibu Pertiwi.

Apa itu Puisi Bersajak AB AB dan Contoh-contohnya

Puisi bersajak AB AB adalah jenis puisi yang mengikuti pola sajak dua baris dengan irama pengulangan bunyi akhir pada setiap barisnya. Pola irama ini kemudian diulang pada baris-baris berikutnya. Jenis puisi ini sangat populer di Indonesia dan banyak digunakan oleh para penyair.

Pola sajak AB AB ini memungkinkan penyair untuk menghasilkan puisi dengan irama yang teratur, sehingga mudah dihafal dan dinyanyikan. Dalam puisi bersajak AB AB, setiap baris terdiri dari 8-10 suku kata.

Berikut adalah beberapa contoh puisi yang bersajak AB AB:

Judul PuisiPenyair
SiangSutardji Calzoum Bachri
Aku InginSapardi Djoko Damono
Bunga RampaiW.S. Rendra

Puisi-puisi tersebut merupakan contoh puisi yang menggunakan pola sajak AB AB. Dalam puisi “Siang” karya Sutardji Calzoum Bachri, terdapat pengulangan kata “siang” pada setiap barisnya. Demikian juga dengan puisi “Aku Ingin” karya Sapardi Djoko Damono, terdapat pengulangan kata “ingin” pada setiap barisnya. Sedangkan pada puisi “Bunga Rampai” karya W.S. Rendra, terdapat pengulangan kata “bunga” pada setiap barisnya.

Ciri-ciri Puisi Bersajak AB AB

Sebelum membuat atau memahami Contoh Puisi yang Bersajak AB AB, penting untuk mengetahui ciri-ciri yang membedakannya dengan jenis puisi lainnya. Berikut adalah beberapa ciri-ciri puisi yang bersajak AB AB:

    1. Pengulangan bunyi akhir pada setiap baris: Puisi yang bersajak AB AB memiliki pola pengulangan bunyi akhir pada setiap barisnya. Contohnya, pada dua baris pertama puisi “Aku Ingin”, bunyi “mu” berulang pada akhir setiap barisnya:
Baris 1Baris 2
Bukan keinginan mu yang harus kupenuhiAtau hasrat mu yang harus kutebus
    1. Irama pengulangan bunyi akhir yang teratur: Selain pengulangan bunyi akhir pada setiap baris, puisi yang bersajak AB AB juga memiliki pola irama pengulangan bunyi akhir yang teratur. Contohnya, pada puisi “Cinta Tanah Air”, irama pengulangan bunyi akhir pada setiap baris adalah “-lah”:
Baris 1Baris 2
Di mana adab dan sopan santunnya?Di mana semangat gotong royongnya?
    1. Mudah dipahami: Karena pengulangan bunyi akhir yang konsisten, puisi yang bersajak AB AB juga cenderung mudah dipahami. Contoh puisi yang mudah dipahami seperti “Ruang Hampa”:
Baris 1Baris 2
Di ruang hampa aku berdiriDalam kebisuan hatiku terkunci

Dengan memahami ciri-ciri tersebut, Anda dapat lebih mudah memahami dan menulis puisi yang bersajak AB AB dengan baik dan benar.

Cara Membuat Puisi Bersajak AB AB

Bagi yang ingin mengekspresikan diri melalui puisi, membuat puisi dengan pola sajak AB AB bisa menjadi pilihan yang menarik. Berikut beberapa tips dan cara membuat puisi dengan pola sajak AB AB:

  1. Tentukan tema puisi. Pilihlah tema yang ingin diungkapkan dalam puisi.
  2. Tentukan pola irama pengulangan bunyi akhir pada setiap baris. Pola irama pengulangan bunyi akhir pada setiap baris harus konsisten dalam setiap baitnya. Misalnya, jika pada baris pertama bunyi akhirnya ‘a’, maka pada baris kedua harus konsisten menggunakan bunyi akhir ‘b’.
  3. Gunakan kata-kata yang memiliki makna yang kuat. Pilihlah kata-kata yang memiliki makna kuat dan bisa menggambarkan tema yang ingin diungkapkan.
  4. Jangan terlalu panjang. Sebaiknya puisi yang dibuat tidak terlalu panjang. Usahakan untuk membuat puisi dalam satu sampai dua bait saja.
  5. Gunakan perumpamaan dan metafora. Gunakanlah perumpamaan dan metafora untuk menggambarkan tema yang ingin diungkapkan. Hal ini dapat membuat puisi menjadi lebih indah dan bermakna.
  6. Baca ulang puisi yang telah dibuat. Setelah selesai membuat puisi, bacalah kembali secara perlahan. Pastikan puisi yang telah dibuat sudah sesuai dengan tema dan pola irama pengulangan bunyi akhir pada setiap baris.

Dengan mengikuti tips dan cara diatas, membuat puisi dengan pola sajak AB AB bukanlah hal yang sulit. Cobalah untuk terus berlatih dan mengembangkan kemampuan menulis puisi agar dapat membuat puisi yang semakin indah dan bermakna.

Puisi Tentang Cinta dengan Sajak AB AB

Masih banyak puisi-puisi yang indah tentang cinta yang menggunakan pola sajak AB AB. Berikut adalah beberapa contoh puisi tentang cinta dengan sajak AB AB:

Judul PuisiPenyair
Cinta yang TerpendamChairil Anwar
Aku Ingin MengenalmuSapardi Djoko Damono
Cinta Itu ButaTaufik Ismail

Puisi-puisi tersebut sangat indah dan penuh makna. Penggunaan pola sajak AB AB membuat puisi-puisi tersebut terdengar lebih indah dan memikat hati pembaca.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda juga memiliki puisi tentang cinta dengan sajak AB AB yang indah dan ingin dibagikan kepada orang lain?

Inspirasi dari Ibu Pertiwi melalui Puisi yang Bersajak AB AB

Puisi yang menyentuh hati dan berbicara tentang cinta tanah air sering kali menggunakan pola sajak AB AB. Melalui puisi-puisi ini, kita dapat merasakan keindahan bahasa dan mendapatkan inspirasi dari Ibu Pertiwi.

Puisi Contoh #1

Indonesia

O Indonesia, negeri yang kucinta

Berjuta warna, budaya dan keindahan

Yang membuatku merindukanmu

Seperti nyanyian yang selalu terngiang di telingaku

Pada setiap detik dan waktu

Oleh: Ahmad Dahlan

Puisi Contoh #2

Indonesia Bersatu

Tanah air yang kaya akan keindahan

Indonesia negeri yang kita cintai

Bersatu kita jaga keutuhan

Dalam bingkai persatuan yang suci

Bersama merajut cita-cita

Oleh: Chairil Anwar

Dari contoh-contoh puisi di atas, dapat kita lihat bagaimana keindahan bahasa dapat digunakan untuk menyampaikan pesan dan inspirasi dari Ibu Pertiwi. Puisi-puisi ini mengajarkan kita untuk mencintai tanah air dengan tulus dan bertanggung jawab.

Jadikanlah puisi sebagai sarana untuk menyampaikan rasa cinta dan kecintaanmu pada tanah air Indonesia.