Contoh Penutup Berita: Kiat Sukses Menulis Berita Terkini

Menulis Contoh Penutup Berita adalah bagian penting dalam menyelesaikan sebuah artikel berita. Penutup yang tepat dapat meningkatkan kesan pembaca dan membantu menarik perhatian mereka. Namun, menemukan cara yang tepat untuk menyelesaikan berita bukanlah tugas yang mudah. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan memberikan tips dan trik tentang cara menulis Contoh Penutup Berita yang efektif untuk berita terkini.

Key Takeaways:

  • Menyimpulkan fakta utama.
  • Mengajukan pertanyaan retoris.
  • Memberikan ringkasan akhir.
  • Menyampaikan pesan terakhir.
  • Tips sukses menulis penutup berita yang mengesankan.

Menyimpulkan Fakta Utama

Setelah menampilkan informasi lengkap dalam berita, penutup harus memuat ringkasan atau kesimpulan singkat tentang fakta utama yang telah disajikan. Penulis harus menyampaikan kesimpulan dengan jelas dan padat agar mudah dipahami oleh pembaca.

Contoh :

Dalam aksi penembakan di Jalan MH Thamrin Jakarta, jumlah korban meninggal dunia bertambah menjadi 8 orang termasuk 4 terduga teroris. Seperti yang disampaikan Presiden Joko Widodo, Indonesia tidak gentar terhadap terorisme dan akan bertindak tegas terhadap kelompok radikal.

Pada penutupan berita di atas, penulis memuat informasi bahwa jumlah korban meninggal dunia akibat penembakan di Jakarta bertambah menjadi delapan orang termasuk empat terduga teroris. Selain itu, penulis juga menyampaikan pendapat Presiden Joko Widodo tentang tindakan yang akan diambil pemerintah terhadap kelompok radikal.

Mengajukan Pertanyaan Retoris

Pertanyaan retoris merupakan teknik penyampaian pesan pada penutup berita yang sangat efektif dan bermanfaat. Pertanyaan ini membuat pembaca berpikir dan mengevaluasi informasi yang telah mereka baca. Hal tersebut juga membantu pembaca untuk mengikat informasi yang diberikan dan menarik kesimpulan dari topik yang dibahas di dalam berita.

Sebagai contoh, pertanyaan retoris yang diajukan pada penutup berita tentang perubahan iklim bisa berbunyi: “Apakah kita akan terus mengeksploitasi lingkungan atau mempertimbangkan konsekuensi dari tindakan kita?” Pertanyaan ini akan membuat pembaca terus memikirkan dampak dari perilaku lingkungan sehari-hari mereka.

Pertimbangkan Konteks

Sangat penting untuk mempertimbangkan konteks ketika menggunakan pertanyaan retoris pada penutup berita. Pastikan bahwa pertanyaan yang diajukan relevan dengan topik yang dibahas dan tidak menggugah perasaan yang off-topic. Pertanyaan juga harus mengundang pembaca untuk berinteraksi dan mempertimbangkan isi berita secara mendalam.

Sebagai penulis, pastikan bahwa pertanyaan retoris yang dipilih sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam penutup berita. Terkadang, pertanyaan retoris bisa digunakan sebagai sebuah pengantar untuk membuat pembaca tertarik pada topik yang dibahas atau mendukung argumen yang dikemukakan.

Sebagai kesimpulan, pertanyaan retoris dapat membantu penulis untuk memusatkan perhatian pembaca pada topik yang dibahas dalam berita dan membuat pesan terakhir menjadi lebih kuat dan mengesankan. Pastikan bahwa pertanyaan yang diajukan relevan dengan topik dan mengundang pembaca untuk berinteraksi dengan konten, sehingga informasi yang diberikan dapat lebih mudah dicerna dan diterima dengan baik.

Memberikan Ringkasan Akhir

Setelah menulis fakta utama dan mengajukan pertanyaan retoris, tahap akhir dalam menulis penutup berita adalah memberikan ringkasan dari keseluruhan berita yang telah dibahas.

Untuk memberikan ringkasan yang jelas dan mudah dipahami, sebaiknya gunakan kalimat pendek dan langsung pada intinya. Hindari pengulangan informasi yang kurang relevan atau terlalu banyak detail yang dapat membuat pembaca bosan.

Untuk mempermudah pembaca memahami poin-poin utama dalam berita, sebaiknya gunakan bullet points atau tabel yang memuat informasi penting dalam bentuk yang lebih jelas dan menarik.

Poin-poin penting dalam berita
Isu utama
Fakta-fakta pendukung
Konsekuensi atau implikasi

Melalui ringkasan akhir yang jelas dan mudah dipahami, pembaca dapat memperoleh gambaran yang lebih tepat dan mengingat pesan utama dari berita yang telah dibaca.

Tips Sukses Menulis Penutup Berita yang Mengesankan

  • Gunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami
  • Tetap fokus pada inti dari berita yang disampaikan
  • Gunakan bullet points atau tabel untuk memudahkan pembaca memahami poin-poin utama
  • Jangan ulangi informasi yang kurang relevan atau terlalu banyak detail
  • Gunakan kalimat pendek dan langsung pada intinya

Dengan mengaplikasikan tips-tips di atas, penutup berita yang dihasilkan dapat lebih mengesankan dan meninggalkan kesan yang kuat pada pembaca.

Menyampaikan Pesan Terakhir

Penutup berita adalah kesempatan terakhir bagi jurnalis untuk menyampaikan pesan penting kepada pembaca. Sebagai penulis, Anda harus memastikan bahwa pesan terakhir Anda dapat memberikan kesan yang kuat dan tak terlupakan bagi pembaca. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam menyampaikan pesan terakhir:

  • Buatlah pesan yang singkat, jelas, dan mudah dipahami.
  • Pilihlah kata-kata yang tepat dan menarik perhatian.
  • Jangan terlalu memaksakan opini Anda, tetapi tetaplah objektif.
  • Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada sumber informasi yang telah membantu Anda dalam meliput berita.

Ingatlah bahwa pesan terakhir Anda akan menjadi kesan terakhir bagi pembaca. Oleh karena itu, pastikan bahwa pesan yang disampaikan dapat memberikan nilai tambah bagi pembaca dan membuat mereka terus ingat tentang berita yang Anda tulis.

Tips Sukses Menulis Penutup Berita yang Mengesankan

Menulis Contoh Penutup Berita berita yang efektif memerlukan keterampilan dan strategi yang baik. Tidak hanya menutupi topik dengan tepat, tetapi juga meninggalkan kesan pada pembaca. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda menulis penutup berita yang menyenangkan:

1. Gunakan kutipan yang kuat

Jika Anda mengambil kutipan dari sumber utama yang terkait dengan topik yang Anda bahas, gunakan pada bagian penutup. Kutipan yang kuat dapat meninggalkan kesan pada pembaca dan memperkuat sudut pandang yang telah Anda jabarkan sepanjang artikel.

2. Kembangkan gagasan penting

Memperkuat gagasan penting dapat menjadi salah satu cara yang efektif untuk meninggalkan kesan yang kuat pada pembaca. Pastikan untuk tidak mengulang-ulang gagasan yang sama, tetapi gunakan bahasa yang berbeda untuk menegaskan kesimpulan Anda.

3. Sajikan statistik yang menarik

Statistik dapat membantu membuktikan atau menyampaikan pesan utama artikel Anda. Jangan ragu untuk menambahkan statistik yang menarik pada bagian penutup. Hal ini dapat membantu pembaca memahami pentingnya topik tersebut.

4. Gunakan pertanyaan retoris

Pertanyaan retoris dapat membantu membuka diskusi atau merangsang pikiran pembaca. Pastikan untuk menggunakan pertanyaan retoris yang menarik dan relevan dengan topik Anda. Hal ini dapat membantu meninggalkan kesan yang kuat pada pembaca.

5. Jangan lupakan ringkasan akhir

Ringkasan akhir adalah inti dari semua jawaban yang telah Anda jelaskan dalam tulisan. Jadikanlah bagian ini sebagai akhir yang kuat, jelas, dan ringkas.

6. Tujuan dari penutup

Ingat, tujuan dari Contoh Penutup Berita adalah untuk meninggalkan kesan yang kuat pada pembaca. Pastikan untuk fokus pada pesan utama Anda, dan pastikan bahwa kesimpulan yang Anda buat sesuai dengan topik yang Anda bahas.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat menulis penutup berita yang efektif dan memberikan kesan yang kuat pada pembaca.

Originally posted 2023-08-31 11:00:39.