Contoh Kalimat Nominal dalam Bahasa Indonesia: Panduan & Penjelasan

Di dalam bahasa Indonesia, terdapat berbagai jenis kalimat yang digunakan untuk menyampaikan suatu pesan. Salah satunya adalah kalimat nominal.

Contoh Kalimat Nominal merupakan jenis kalimat yang terdiri dari frasa nominal untuk menjelaskan suatu objek, orang, atau tempat. Frasa nominal tersebut biasanya terdiri dari kata benda, kata sifat, dan/atau kata keterangan. Kalimat nominal sering digunakan dalam percakapan sehari-hari, bahkan sejak di bangku sekolah dasar.

Key Takeaways

  • Kalimat nominal adalah jenis kalimat yang terdiri dari frasa nominal untuk menjelaskan suatu objek, orang, atau tempat.
  • Fraser nominal terdiri dari kata benda, kata sifat, dan/atau kata keterangan.
  • Kalimat nominal sering digunakan dalam percakapan sehari-hari dan dalam bahasa Indonesia.

Pengertian Kalimat Nominal

Sebelum membahas lebih dalam mengenai contoh kalimat nominal dalam bahasa Indonesia, perlu dipahami terlebih dahulu pengertian kalimat nominal itu sendiri. Kalimat nominal adalah salah satu jenis kalimat yang terdiri dari nominal phrase, yaitu gabungan kata benda (noun), kata ganti (pronoun), atau kata sifat (adjective) yang digunakan untuk menjelaskan suatu objek atau subjek dalam sebuah kalimat. Kalimat nominal biasanya digunakan untuk menyatakan fakta atau informasi, dan tidak mengandung unsur perintah, harapan, atau permintaan.

Jenis Kalimat Nominal

Ada beberapa jenis kalimat nominal dalam bahasa Indonesia. Berikut adalah beberapa contohnya:

Jenis Kalimat NominalContoh
Noun PhrasePria tampan itu adalah ayahku.
Adjectival PhraseBuku merah itu sangat menarik.
Gerund PhraseBerkuda merupakan hobinya.
Infinitive PhraseBerkeliling dunia adalah impianku.

Jenis kalimat nominal lainnya meliputi absolute phrase, appositive phrase, dan masih banyak lagi.

Contoh Kalimat Nominal dengan Noun Phrase

  1. Perempuan cantik itu adalah sahabatku.
  2. Anjing hitam itu suka berlari di taman.
  3. Gunung tertinggi di dunia adalah Everest.

Contoh Kalimat Nominal dengan Adjectival Phrase

  1. Penampilan anak muda itu sangat modis.
  2. Minuman dingin itu sangat segar di siang hari yang panas.
  3. Makanan pedas itu sangat enak sekali.

Struktur Kalimat Nominal

Dalam bahasa Indonesia, kalimat nominal terdiri dari satu atau lebih kata benda atau frasa benda yang berfungsi sebagai subjek atau objek dalam suatu kalimat. Struktur kalimat nominal dapat dianalisis melalui peran komponen-komponennya, termasuk penentu, modifikasi, dan pelengkap.

Penentu dalam kalimat nominal adalah kata yang menentukan makna atau status kata benda. Contoh kata penentu dalam bahasa Indonesia adalah ‘sebuah’, ‘beberapa’, ‘yang’, dan ‘ini’.

Modifikasi dalam kalimat nominal adalah kata atau frasa yang menjelaskan atau memodifikasi kata benda. Contoh kata modifikasi adalah kata sifat, kata keterangan, atau frasa kata sifat. Misalnya, dalam kalimat “Buku ungu itu mahal”, “ungu” adalah kata sifat yang memodifikasi kata benda “buku”.

Pelengkap dalam kalimat nominal adalah frasa kata yang melengkapi makna dari kata benda utama. Contoh frasa pelengkap dalam kalimat nominal adalah frasa preposisi atau frasa kata kerja. Misalnya, dalam kalimat “Ibu membeli sebuah sepeda untuk anaknya”, “untuk anaknya” adalah frasa preposisi yang berfungsi sebagai pelengkap untuk kata benda “sepeda”.

Contoh Kalimat Nominal dalam Bahasa Indonesia

Untuk membantu pembaca memahami lebih baik tentang kalimat nominal dalam bahasa Indonesia, berikut adalah beberapa contoh:

Jenis Kalimat NominalContoh Kalimat
Nominal FrasaSekolah baru di kampungku
Nominal dengan Frasa PreposisiDi balik rumahku terdapat sebuah taman kecil
Nominal dengan Frasa AdjektivaJoko membeli mobil putih beserta aksesorinya
Nominal dengan Frasa VerbalAni sangat senang bersepeda di pagi hari

Contoh di atas merupakan beberapa jenis kalimat nominal yang umum digunakan dalam bahasa Indonesia. Semoga dapat membantu pembaca memahami lebih baik tentang konsep dan struktur kalimat nominal.

Ciri-Ciri Kalimat Nominal

Kalimat nominal memiliki beberapa ciri yang membedakannya dari jenis kalimat lainnya. Berikut adalah penjelasannya:

  • Tidak memiliki predikat: Kalimat nominal tidak mengandung kata kerja atau predikat.
  • Terdiri dari frasa nominal: Kalimat nominal terdiri dari satu atau lebih frasa nominal yang menjelaskan tentang subjek atau objek.
  • Subjek dan objek dapat bergantian: Dalam kalimat nominal, subjek dan objek dapat bergantian, tergantung pada struktur dan konteks kalimat.
  • Fraser nominal dapat memiliki modifikasi: Frasa nominal dalam kalimat nominal dapat memiliki modifikasi, seperti keterangan, atribut, atau pelengkap.

Contoh Kalimat Nominal Sederhana

Berikut adalah beberapa contoh kalimat nominal sederhana:

NoKalimat Nominal
1Pizza adalah makanan favorit saya.
2Saya membeli buku baru di toko buku.
3Anjing itu memiliki bulu yang lembut.
4Saya menemukan pulpen di meja belajar saya.

Contoh-contoh di atas menunjukkan bagaimana sebuah kalimat dapat terdiri dari sebuah frasa nominal yang sederhana atau kompleks.

Fungsi Kalimat Nominal

Setelah mempelajari tentang pengertian, jenis, struktur, dan ciri-ciri kalimat nominal, sekarang saatnya untuk membahas fungsi dari kalimat nominal. Kalimat nominal dapat berfungsi sebagai subjek atau objek dalam sebuah kalimat.

Kalimat Nominal Sebagai Subjek

Kalimat nominal dapat berfungsi sebagai subjek dalam sebuah kalimat. Contohnya, “Pakaian baru itu sangat indah.” Dalam kalimat tersebut, “Pakaian baru itu” merupakan kalimat nominal yang berfungsi sebagai subjek. Kalimat nominal sebagai subjek biasanya diikuti oleh predikat.

Kalimat Nominal Sebagai Objek

Kalimat nominal juga dapat berfungsi sebagai objek dalam sebuah kalimat. Contohnya, “Saya membeli roti.” Dalam kalimat tersebut, “roti” merupakan kalimat nominal yang berfungsi sebagai objek dari kata kerja “membeli”.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah posisi kalimat nominal sebagai subjek atau objek. Sebagai subjek, kalimat nominal biasanya ditempatkan di awal kalimat. Sedangkan sebagai objek, kalimat nominal biasanya ditempatkan setelah kata kerja.

Originally posted 2023-08-13 09:00:35.