Contoh Kalimat Nokturnal: Kumpulan Ungkapan Malam Hari

Dalam bahasa Indonesia, terdapat banyak kata yang menggambarkan situasi atau keadaan saat malam hari. Salah satunya adalah “nokturnal.” Kata ini mengacu pada benda atau makhluk hidup yang aktif pada malam hari. Contoh kalimat nokturnal dapat membantu kita memahami arti kata ini dengan lebih baik.

Pada bagian ini, kami akan memberikan beberapa contoh kalimat dengan kata “nokturnal” dalam bahasa Indonesia. Semua kalimat ini ditujukan untuk mengilustrasikan penggunaan yang tepat dari kata tersebut sehingga pembaca dapat lebih memahami artinya.

Dengan melihat contoh-contoh kalimat nokturnal ini, Anda dapat memperluas kosakata dan pemahaman tentang istilah yang terkait dengan malam hari. Mari kita mulai dengan mengeksplorasi contoh kalimat dengan kata “nokturnal” dalam bahasa Indonesia!

Contoh Kalimat Nokturnal dalam Konteks Malam Hari

Berbicara tentang malam hari, kata “nokturnal” sering digunakan untuk menggambarkan aktivitas yang terjadi pada saat itu. Contohnya, hewan yang aktif pada malam hari biasanya disebut hewan nokturnal. Berikut beberapa kalimat yang menggambarkan penggunaan kata “nokturnal” dalam konteks malam hari:

KalimatArtinya
Hewan nokturnal seperti burung hantu sering terlihat di malam hari.Hewan yang aktif pada malam hari seperti burung hantu sering terlihat pada waktu itu.
Kelelawar adalah contoh hewan nokturnal yang hidup pada malam hari.Kelelawar adalah hewan yang aktif pada malam hari dan sering dianggap sebagai hewan nokturnal.

Selain itu, kata “nokturnal” sering digunakan dalam frasa kalimat yang menggambarkan aktivitas dan suasana di malam hari. Berikut beberapa contoh kalimat:

  • Keadaan kota begitu sepi di malam hari yang menambah suasana yang lebih nokturnal.
  • Banyak aktivitas seperti konser musik sering diadakan di malam hari untuk menampilkan suasana yang lebih nokturnal.

Contoh Kalimat Nokturnal dalam Konteks Hewan

Kalimat-kalimat di atas menggambarkan penggunaan kata “nokturnal” dalam konteks malam hari secara umum. Namun, kata “nokturnal” juga sering digunakan untuk menggambarkan karakteristik dan perilaku hewan yang aktif pada malam hari. Contohnya seperti berikut:

  • Buaya yang hidup di daerah tropis sering menjadi hewan nokturnal untuk menghindari suhu yang terlalu panas di siang hari.
  • Kadal nokturnal seperti gecko biasanya aktif pada malam hari dan bersembunyi di siang hari.

Contoh Kalimat dengan Sinonim Kata “Nokturnal”

Untuk memperkaya kosakata Anda, kami menyajikan beberapa contoh kalimat yang mengandung sinonim kata “nokturnal”.

Kata “Nokturnal”SinonimContoh Kalimat
nokturnalmalamMereka adalah hewan yang aktif di malam hari.
nokturnalgelapToko-toko di kota kecil itu tutup saat gelap.
nokturnalnoctambulistisPacar saya memiliki kebiasaan noctambulistis dan sering bangun di malam hari.

Dalam beberapa kalimat, kata yang sama dapat diganti dengan sinonimnya untuk menghindari repetisi. Dengan contoh kalimat di atas, Anda dapat memperluas dan memperkaya kosa kata Anda dalam bahasa Indonesia.

Kalimat Ilustratif untuk Memahami Arti Kata “Nokturnal”

Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat ilustratif untuk membantu Anda memahami arti kata “nokturnal”.

  • Hewan nokturnal seperti burung hantu dan kelelawar hanya aktif pada malam hari.
  • Pada umumnya, manusia tidak bisa melihat dengan jelas tanpa cahaya, tetapi hewan nokturnal seperti kucing memiliki kemampuan penglihatan yang lebih baik pada kondisi minim cahaya.
  • Di beberapa kota besar, kehidupan malam hari menjadi semakin ramai dan banyak restoran serta klub malam yang buka hingga larut.
  • Suasana malam hari memberikan ketenangan bagi sebagian orang, sementara bagi yang lainnya merupakan saat yang sangat mengasyikkan untuk berkumpul dan bersosialisasi.
  • Pada malam hari, udara biasanya lebih sejuk dan segar, sehingga beberapa orang lebih suka melakukan olahraga atau aktivitas luar ruangan pada saat ini.

Dengan beberapa contoh kalimat di atas, semoga membantu Anda mengerti dengan lebih baik tentang penggunaan kata “nokturnal” dan memberikan pemahaman yang lebih luas tentang kehidupan malam hari.

Penggunaan Kata “Nokturnal” dalam Kalimat Nyata

Berikut adalah beberapa contoh kalimat yang menggambarkan penggunaan kata “nokturnal” dalam kehidupan sehari-hari:

  • Hewan nokturnal seperti tupai dan burung hantu sering ditemukan aktif pada malam hari.
  • Malam sudah larut ketika kami akhirnya tiba di rumah, dengan penerangan jalan yang hanya diberikan oleh lampu-lampu nokturnal.
  • Orang yang kerap bekerja pada malam hari memiliki rutinitas nokturnal yang berbeda dengan pekerja pada siang hari.
  • Acara konser musik diadakan pada malam hari dengan suasana yang lebih seru saat lampu-lampu nokturnal menyala.

Dari contoh-contoh di atas, kita dapat melihat penggunaan kata “nokturnal” dalam konteks yang berbeda-beda, mulai dari deskripsi hewan nokturnal hingga kegiatan manusia pada malam hari.

Contoh Kalimat yang Menjelaskan Karakteristik Hewan Nokturnal

Banyak hewan yang aktif di malam hari, dan mereka sering disebut sebagai hewan nokturnal. Berikut adalah beberapa contoh kalimat yang menjelaskan karakteristik hewan nokturnal:

Hewan NokturnalKarakteristik
Burung hantuBurung hantu memiliki penglihatan yang sangat tajam di malam hari, sehingga mereka dapat melihat mangsanya dengan mudah. Mereka juga memiliki pendengaran yang hebat dan sayap yang lembut untuk terbang tanpa membuat suara.
Kelinci padang rumputKelinci padang rumput bersembunyi di lubang-lubang di siang hari dan muncul di malam hari untuk mencari makanan. Mereka memiliki penglihatan yang tajam dan pendengaran yang baik untuk melindungi diri dari pemangsa.
KadalKadal sering terlihat di siang hari, tetapi banyak jenis kadal aktif di malam hari. Mereka memiliki penglihatan, penciuman, dan pendengaran yang baik untuk membantu mereka mencari mangsa.

Selain itu, hewan nokturnal juga sering memiliki adaptasi fisiologis dan perilaku yang unik, seperti kulit yang lebih gelap untuk menyerap panas, kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan suhu yang cepat, dan kebiasaan berkumpul dalam kelompok untuk meminimalkan risiko serangan dari predator.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah menemukan berbagai contoh kalimat yang mengandung kata “nokturnal” dalam bahasa Indonesia. Dari penggunaan kata “nokturnal” dalam konteks malam hari hingga sinonim yang serupa, serta penggunaan kata tersebut dalam kalimat nyata, semua contoh tersebut dapat membantu meningkatkan pemahaman tentang arti dan penggunaan kata “nokturnal”.

Melalui kalimat-kalimat yang dihadirkan di setiap bagian artikel ini, pembaca dapat belajar lebih banyak tentang hewan nokturnal dan karakteristik mereka. Dengan mengeksplorasi ungkapan-ungkapan yang menarik tentang malam hari, pembaca bisa memperkaya kosa kata bahasa Indonesia mereka.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam memperluas wawasan bahasa Anda. Mari terus menggali dan mengeksplorasi lagu-lagu malam yang penuh dengan keindahan dan keunikan.

Originally posted 2023-08-05 07:00:50.