Pengertian Biografi Menurut Para Ahli – Penjelasan Lengkap

Pada saat ini, biografi menjadi salah satu jenis karya sastra yang populer di kalangan masyarakat. Biografi sendiri sering diartikan sebagai teks sastra yang menceritakan tentang kehidupan seseorang secara lengkap. Namun, pengertian biografi menurut para ahli tentu saja lebih kompleks daripada itu.

Dalam bagian ini, akan dijelaskan mengenai pengertian biografi menurut para ahli yang terdiri dari definisi biografi menurut ahli serta konsep biografi menurut para pakar.

Teori-teori Biografi Menurut Para Ahli

Setelah membahas pengertian biografi menurut para ahli, kita dapat melihat bahwa terdapat beberapa teori yang terkait dengan biografi. Teori-teori ini diperkenalkan oleh para ahli untuk membantu memahami jenis karya sastra ini secara lebih baik.

Teori Subyek

Menurut teori subyek, biografi adalah karya sastra yang menggambarkan kehidupan seseorang secara akurat dan terperinci. Teori ini menganggap subyek biografi sebagai objek yang harus dijelaskan secara detil dan obyektif.

Teori Fungsional

Sedangkan menurut teori fungsional, biografi merupakan karya sastra yang memiliki fungsi untuk memberikan inspirasi dan motivasi pada pembaca dengan cara menjelaskan bagaimana seseorang dapat berhasil melewati berbagai rintangan dalam hidupnya.

Teori ini berpendapat bahwa biografi bukan hanya berfokus pada cerita hidup seseorang, tetapi juga mengandung unsur moral yang dapat membimbing pembaca untuk mencapai kesuksesan dalam hidupnya.

Teori Kontekstual

Di sisi lain, teori kontekstual menganggap biografi sebagai hasil dari interaksi antara subyek dan lingkungannya. Teori ini menekankan pentingnya memperhatikan konteks sosial, budaya, dan politik dalam menggambarkan kehidupan seseorang.

Menurut teori ini, biografi tidak dapat dipisahkan dari situasi dan kondisi sosial yang melingkupi subyeknya. Oleh karena itu, penggambaran kehidupan seseorang dalam biografi harus mencakup konteks sosial dan budaya yang mempengaruhinya.

Jenis-Jenis Biografi

Biografi merupakan karya sastra yang berisi riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh pihak lain atau autobiografi yang ditulis oleh orang yang mengalami peristiwa tersebut. Terdapat beberapa jenis biografi yang bisa dijumpai, yaitu:

    1. Biografi Lengkap

Biografi lengkap adalah jenis yang paling banyak diketahui dan dibaca oleh masyarakat. Biografi ini mencakup seluruh aspek kehidupan si tokoh, termasuk kehidupan keluarga, pendidikan, karier, dan peristiwa-peristiwa penting dalam hidupnya. Biografi lengkap berusaha memberikan gambaran yang seutuhnya mengenai kehidupan si tokoh.

    1. Biografi Singkat

Biografi singkat adalah biografi yang hanya mencakup peristiwa penting dalam kehidupan si tokoh. Biasanya biografi singkat dibuat untuk memperkenalkan tokoh kepada masyarakat umum tanpa membahas seluruh aspek kehidupannya secara rinci.

    1. Biografi Fiksi

Biografi fiksi adalah biografi yang dibuat berdasarkan fakta tetapi diromantisasi atau dimodifikasi sedemikian rupa untuk memperindah cerita atau menyesuaikan dengan kebutuhan dramatisasi. Biasanya biografi fiksi dibuat untuk menarik minat pembaca atau menarik perhatian masyarakat pada tokoh tertentu.

Manfaat biografi bagi pembaca sangat banyak, seperti menambah wawasan, memperkaya kosakata, dan menginspirasi. Biografi juga dapat memberikan pelajaran hidup yang dapat dijadikan contoh atau motivasi bagi pembaca.

Konstruksi Pengertian Biografi oleh Para Ahli

Para ahli memiliki pandangan yang berbeda-beda mengenai pengertian dan konsep biografi. Beberapa di antaranya adalah:

AhliKonstruksi Pengertian Biografi
John RichettiBiografi adalah penjelasan kehidupan seseorang dari masa ke masa, ditulis oleh penulis atau seorang yang telah melakukan penelitian tentang kehidupan orang tersebut.
Leon EdelBiografi adalah sebuah karya yang berisi narasi kehidupan seseorang yang disusun secara kronologis dan mencakup berbagai aspek seperti keluarga, pekerjaan, dan peristiwa penting dalam hidupnya.
Elizabeth LongfordBiografi adalah sebuah karya yang menggambarkan kehidupan seseorang melalui sumber-sumber tertulis dan lisan, dan mencakup pemikiran, perasaan, dan cara pandang orang tersebut.

Dari konstruksi pengertian biografi yang berbeda-beda tersebut, dapat disimpulkan bahwa biografi adalah sebuah karya tulis yang berisi narasi kehidupan seseorang secara kronologis, mencakup berbagai aspek kehidupan, dan dibuat berdasarkan sumber-sumber tertulis dan lisan.

Penafsiran Para Ahli Mengenai Biografi

Para ahli memiliki pandangan yang berbeda-beda mengenai biografi. Ada yang berpendapat bahwa biografi harus seobjektif mungkin dan hanya mengandung fakta saja, sedangkan ada juga yang berpendapat bahwa biografi harus memberikan interpretasi dan penilaian atas kehidupan seseorang.

Menurut Elizabeth Longford, seorang sejarawan dan penulis biografi, biografi harus mengandung interpretasi dan penilaian atas kehidupan seseorang. Longford mengatakan bahwa biografi harus mampu membangkitkan perasaan dan empati pada pembaca, sehingga mereka dapat memahami kehidupan dan perjuangan tokoh yang diangkat dalam buku tersebut.

Sementara itu, Richard Holmes, seorang penulis biografi terkenal, berpendapat bahwa biografi harus menjadi sebuah narasi yang menarik dan memikat bagi pembaca. Holmes mengatakan bahwa biografi harus menggambarkan kehidupan tokoh secara utuh, termasuk kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya.

Interpretasi Para Ahli tentang Biografi

Menurut Michael Benton, seorang penulis biografi, interpretasi dalam biografi sangat penting karena hal itu dapat membantu pembaca memahami tokoh yang diangkat dalam buku tersebut. Interpretasi juga dapat membantu pembaca mengambil pelajaran dari kehidupan dan perjuangan tokoh.

Dalam pandangan Mary Gluck, seorang sejarawan, interpretasi dalam biografi dapat membantu pembaca memahami konteks sosial dan politik pada masa tokoh tersebut hidup. Gluck juga mengatakan bahwa interpretasi dapat membantu pembaca melihat tokoh bukan hanya sebagai individu, melainkan juga sebagai bagian dari masyarakat.

Dari pandangan para ahli tersebut, terlihat bahwa biografi tidak hanya memuat fakta belaka, namun juga harus mengandung interpretasi dan penilaian atas kehidupan tokoh yang diangkat dalam buku tersebut. Hal ini dapat membantu pembaca memahami tokoh tersebut secara lebih utuh dan mengambil pelajaran dari kehidupan dan perjuangannya.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan yang telah diuraikan di atas mengenai pengertian biografi menurut para ahli, dapat disimpulkan bahwa biografi merupakan suatu karya sastra yang berisi tentang sejarah hidup seseorang atau kelompok dalam suatu rentang waktu tertentu. Biografi dapat dianggap sebagai sebuah kajian yang memperlihatkan keunikan seseorang atau kelompok pada masa lalu dan memberikan inspirasi untuk masyarakat di masa yang akan datang.

Para ahli memiliki perspektif masing-masing terhadap konstruksi pengertian biografi dan teori-teori biografi yang umumnya bersifat subjektif. Namun, pada umumnya bisa disepakati bahwa biografi merupakan sebuah karya sastra yang berisi tentang sejarah hidup seseorang atau kelompok.

Jenis-jenis biografi lainnya di antaranya biografi lengkap, singkat, dan fiksi yang masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Biografi juga dapat memberikan manfaat bagi kehidupan seseorang, seperti memberikan inspirasi, motivasi, dan pengetahuan tentang sejarah hidup orang lain.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami dan mengetahui lebih detail mengenai biografi agar dapat memperkaya wawasan kita tentang sejarah hidup orang lain yang dapat memberikan inspirasi dan motivasi dalam kehidupan sehari-hari.

Originally posted 2023-06-25 09:10:21.